Berita

Penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip)

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor: 12 Tahun 2015 tentang Pedoman Evaluasi Atas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Pemerintah Kabupaten Ciamis pada hari Jum’at, 20 Oktober 2017, bertempat di Aula Adipati Kusumahdiningrat Setda melaksanakan penguatan SAKIP dengan nara sumber dari Kemenpan RB, Bapak Didid Noordiatmoko selaku Sekretaris Deputi yang menyampaikan materi tentang SAKIP.

Acara dihadiri oleh Kepala SKPD dan Kasubag Perencanaan serta dipimpin langsung oleh Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, Drs. H. Asep Sudarman, M.Pd mewakili Bapak Bupati Ciamis, yang menyampaikan materi tentang Upaya Peningkatan SAKIP Kabupaten Ciamis.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Bappeda Kabupaten Ciamis, Drs. Ika Darmaiswara menyampaikan materi SAKIP Kabupaten Ciamis dan beliau juga menjadi moderator pada saat paparan SAKIP Kepala SKPD. Adapun Kepala SKPD yang berkesempatan menyampaikan materi SAKIP adalah Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kepala Dinas PUPR dan Pertanahan serta Kepala Dinas Kesehatan.

Beberapa tanggapan yang disampaikan oleh nara sumber dari Kemenpan RB terhadap paparan SAKIP Kabupaten dan SKPD Pemkab Ciamis antara lain adalah bahwa beberapa tujuan belum dijabarkan dalam sasaran yang jelas dan berorientasi terhadap hasil (out comes) serta perlunya penyederhanaan rumusan tujuan yang memiliki sasaran yang sama.

project 1

Pembangunan di Kabupaten Ciamis ?! Silakan kunjungi