Berita

Pembahasan Draft Kajian Analisis Faktor Penyebab Kemiskinan Di Kabupaten Ciamis

Kamis, 20 Juli 2017 bertempat di Aula Bappeda Lantai II Kabupaten Ciamis, Bappeda Kabupaten Ciamis melaksanakan Pembahasan draft Kajian Analisis Faktor Penyebab Kemiskinan di Kabupaten Ciamis. Kajian ini merupakan hasil kerjasama antara Bappeda dengan LPPM Universitas Galuh Ciamis.  Pembahasan dimaksudkan untuk menampung masukan dari SKPD terhadap draft Kajian Analisis Faktor Penyebab Kemiskinan di Kabupaten Ciamis guna melengkapi dan menyempurnakan hasil kajian.  Kajian ini difokuskan untuk mengetahui faktor penyebab kemiskinan atas teori yang di kemukakan oleh Sumodiningrat yaitu faktor natural, kultural, dan struktural.

Acara dibuka dan dipimpin oleh Kepala Bappeda Kabupaten Ciamis dan dihadiri oleh unsur SKPD yang mengelola program penanggulangan kemiskinan, BPS Kabupaten Ciamis, dan LTPKD Kabupaten Ciamis. Sebagai narasumber yaitu Tim Kajian LPPM Unigal Ciamis yang dipimpin/diwakili oleh Bapak  Dr. Maman Herman, S. Pd, M.Pd.

Dari hasil kajian secara umum dapat dinyatakan bahwa selama kurun waktu 5 (lima) tahun terakhir telah banyak program pemerintah dalam upaya penanggulangan kemiskinan yang dilaksanakan di Kabupaten Ciamis, pada umumnya program yang telah dilaksanakan cukup berhasil meskipun masih terdapat hal-hal yang perlu mendapat perhatian serius, seperti :


1.      Masih belum terintegrasinya sasaran program, sehingga masih terdapat  tumpang tindih kelompok sasaran antara program yang satu dengan program yang lain.

2.      Masih terdapatnya kendala-kendala teknis di lapangan seperti data yang kurang akurat, pelaksanaan yang tidak tepat waktu dan penyaluran bantuan yang kurang transpara

3.      Program bantuan sosial secara tidak langsung menumbuhkan sifat ketergantungan masyarakat terhadap bantuan sehingga secara tidak disadari dapat melemahkan nilai-nilai kemandirian

Berdasarkan hasil survey dan analisa terhadap data dari 396 responden di 12 Kecamatan, maka hasil kajian Analisis Faktor Penyebab Kemiskinan di Kabupaten Ciamis antara lain :


a.      Faktor penyebab kemiskinan di Kabupaten Ciamis yang paling dominan adalah aspek struktural diikuti aspek natural, dan aspek kultural.

·         Aspek struktural meliputi pendapatan yang rendah, tidak memiliki penghasilan yang tetap, sulit mencari kerja yang berdampak pada pengangguran, dan kebijakan pemerintah daerah yang belum merata

·         Aspek natural meliputi kepemilikan tanah di atas 0,5 ha, modal finansial yang kurang memadai, dan banyaknya warga miskin yang sudah berusia lanjut/jompo

·         Aspek kultural meliputi tanggungan keluarga yang banyak, kurang disiplin dalam mengelola kehidupan keluarga, gaya hidup, dan kurangnya kreativitas serta gagasan baru untuk bekerja dan berusaha

b.      Kebijakan pemerintah dalam upaya penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Ciamis melalui berbagai program telah dilaksanakan dengan efektif, hal ini ditunjukkan dari model penanggulangan kemiskinan telah mengarah pada aspek struktural.

c.       Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (SPKD) Kabupaten Ciamis pada dasarnya dikembangkan dalam strategi utama pemberdayaan masyarakat. Penggunaan pendekatan charity, yaitu tindakan bantuan langsung kepada masyarakat yang dilakukan dalam kerangka membangun kapasitas masyarakat supaya lebih memiliki kemampuan usaha untuk meningkatkan kualitas hidupnya.


Pada sesi diskusi, peserta memberikan beberapa saran dan masukan terhadap hasil kajian tersebut antara lain perlu ditambahkan regulasi mengenai PMKS, karena PMKS merupakan salah satu bagian dari kemiskinan, penggunaan kriteria kemiskinan dengan indikator yang jelas, dan dalam strategi penanggulangan kemiskinan diharapkan lebih spesifik dan implementatif.


project 1

Pembangunan di Kabupaten Ciamis ?! Silakan kunjungi