Berita

Evaluasi Sakip Pemerintah Kabupaten Ciamis Tahun 2017

Pada hari Senin (30/10) telah dilaksanakan penerimaan Tim Inspektorat Provinsi oleh Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, Drs. H. Asep Sudarman, M.Pd, bertempat di Ruang Kerja Sekda Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis. Berdasarkan Surat Perintah Inspektur Provinsi Jawa Barat Nomor 700.05/410/Insp, tim yang terdiri dari 4 orang auditor dan diketuai oleh Sdr. Syaifuddin, SE, diperintahkan untuk melakukan Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pada Pemerintah Kabupaten Ciamis Tahun 2017, mulai tanggal 30 Oktober 2017 s.d. 14 November 2017. Sekda Kabupaten Ciamis menyampaikan kepada Tim, bahwa Bapak Bupati Ciamis berkomitmen untuk meningkatkan implementasi SAKIP di Kabupaten Ciamis, dan pada tahun ini telah melakukan upaya-upaya perbaikan berdasarkan rekomendasi-rekomendasi hasil penilaian tahun-tahun sebelumnya yang termasuk kategori “CC” (Cukup).

Ketua Tim Inspektorat Provinsi Jawa Barat menjelaskan, bahwa Evaluasi SAKIP dilaksanakan untuk mengetahui sejauhmana instansi pemerintah mengimplementasikan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)-nya, berdasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah; Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pedoman Evaluasi atas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah; serta sekaligus untuk mendorong adanya peningkatan kinerja instansi pemerintah. Evaluasi atas implementasi SAKIP difokuskan pada kriteria-kriteria yang telah ditetapkan dengan tetap memperhatikan hasil evaluasi atas implementasi SAKIP tahun sebelumnya, maka isu-isu penting yang ingin diungkap melalui evaluasi tahun ini diantaranya dalam menyusun, mereviu dan menyempurnakan perencanaan kinerja yang berfokus pada hasil; keterkaitan diantara seluruh komponen-komponen perencanaan kinerja dengan penganggaran, kebijakan pelaksanaan dan pengendalian serta pelaporannya, dan lain-lain.

Dalam evaluasi SAKIP tahun ini, penilaian dilakukan terhadap implementasi SAKIP pada Pemerintah Kabupaten Ciamis dan pada OPD yang diwakili oleh 10 OPD strategis yaitu Bappeda, Inspektorat, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas PUPRP, Dinas Perhubungan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Tenaga Kerja, Dinas KUKM & Perdagangan, dan Dinas Pariwisata.

Kegiatan evaluasi berlangsung selama hari kerja bertempat di Opproom Inspektorat Kabupaten Ciamis, meliputi desk evaluation pengungkapan dan penyajian informasi, kelengkapan dokumen, pengujian-pengujian dan analisa terhadap keselarasan dokumen berdasarkan format-format penilaian sesuai peraturan.

Hasil evaluasi SAKIP Pemerintah Kabupaten Ciamis selanjutnya dipaparkan oleh Tim Inspektorat Provinsi Jawa Barat di depan Tim Evaluasi SAKIP Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI pada hari Jumat tanggal 10 November 2017 di Jakarta, untuk selanjutnya akan ditetapkan nilai SAKIP Kabupaten Ciamis beserta seluruh kabupaten/kota lainnya oleh KemenpanRB RI yang rencananya akan diumumkan pada akhir tahun 2017.

project 1

Pembangunan di Kabupaten Ciamis ?! Silakan kunjungi