Berita

Rapat Koordinasi Sinergi Pembangunan Melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP)/Corporate Social Responsibility (CSR) di Kabupaten Ciamis

Pada hari Jumat (22/12) bertempat di Aula The Priangan Boutique Hotel, Bidang Perekonomian Bappeda Kabupaten Ciamis menyelenggarakan Rapat Koordinasi Sinergi Pembangunan Melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP)/Corporate Social Responsibility (CSR) di Kabupaten Ciamis.

Acara dibuka oleh Asisten Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. H. Soekiman, didampingi oleh Kepala Bappeda Drs. Ika Darmaiswara dan Kepala Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam Bappeda drh. Nugrahawati, MP. dihadiri oleh unsur SKPD, serta perwakilan 58 perusahaan yang ada di Kabupaten Ciamis dengan jumlah peserta sebanyak 90 orang. Dalam laporan penyelenggara, Kepala Bappeda menyampaikan bahwa tujuan Rakor adalah sinkronisasi dan peningkatan kerjasama pembangunan Pemerintah dan Swasta melalui pengembangan TJSLP/PKBL, dan memperluas kemitraan pembangunan di Kabupaten Ciamis; serta tercapainya akselerasi dan penguatan program TJSL/PKBL di kalangan Swasta, BUMN, BUMD melalui pemanfaatan program yang ditawarkan pemerintah.

Dalam pembukaan, Drs. H. Soekiman menyampaikan bahwa selama ini perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Ciamis telah banyak yang melaksanakan kewajiban TJSLP/PKBL sesuai dengan PP 47/2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas serta Permeneg BUMN No. PER-09/mbu/07/2015 tentang Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara, namun belum ada koordinasi sehingga belum terdapat data ataupun informasi yang diketahui oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis mengenai program-program yang telah dilaksanakan perusahaan-perusahaan tersebut bagi masyarakat Kabupaten Ciamis. Diharapkan ke depan pelaksanaan program-program perusahaan melalui TJSLP/PKBL dapat sinkron dengan program pemerintah, dan terdapat data informasi mengenai pelaksanaanya setiap tahun.

Dalam kegiatan tersebut Kabid Perekonomian dan Sumber Daya Alam Bappeda Kabupaten Ciamis menginformasikan keberadaaan Tim Fasilitasi TJSL/PKBL Kabupaten Ciamis, dan selanjutnya memandu diskusi peserta. Dalam sesi diskusi beberapa perwakilan perusahaan menyampaikan informasi mengenai program-program TJSL/PKBL yang telah dilaksanakan serta memberi masukan bagi tim fasilitasi, sedangkan beberapa unsur SKPD menyampaikan program-program unggulan SKPD yang bisa dipertimbangkan untuk didanai dari program TJSL/PKBL perusahaan/BUMN/BUMD.

Di akhir acara, peserta perwakilan perusahaan dipersilakan mengisi form surat pernyataan minat untuk melaksanakan TJSL/PKBL yang sinkron dengan program Pemerintah Kabupaten Ciamis.

project 1

Pembangunan di Kabupaten Ciamis ?! Silakan kunjungi