Berita

Expose Kkn Unigal Periode Ii Tahun Akademik 2016/2017

Rabu, 12 Juli 2017 bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Ciamis, Bappeda Kabupaten Ciamis menggelar expose Program KKN UNIGAL Periode II Tahun Akademik 2016/2017. Kegiatan ini dihadiri oleh unsur Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pengendalian Penduduk KBPP dan PA, Dinas Pendidikan, Dinkes, , Dinas Sosial, Bagian Kesra Setda, Kepala LTPKD, Kecamatan dan Desa lokasi KKN dan para mahasiswa peserta KKN dan Perwakilan Rektor Unigal yang masing-masing menyampaikan sambutan serta nara sumber Sekretaris Bappeda Drs. H. Dadang Darmawan, M.Si, DR. Maman Herman, M.Pd dan Endin Lidinillah, S.Ag, M.Ag dari LPPM UNIGAL.

Peserta KKN Posdaya UNIGAL Tahun Akademik 2016/2017 sebanyak 900 dengan lokasi KKN di 5 (lima) kecamatan yaitu Kecamatan Banjarsari, Banjaranyar, Purwadadi, Lakbok dan Kecamatan Pamarican. Kegiatan KKN Posdaya ini diharapkan dapat memberikan kotribusi terhadap peningkatan SDM dan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Ciamis.

Sementara itu, Sekretaris Bappeda Drs. H. Dadang Darmawan, M.Si menyampaikan bahwa diharapkan kegiatan KKN Posdaya ini dapat memotivasi masyarakat dalam meningkatkan pemberdayaan dan sebagai laboratorium lapangan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan sejauh mana ilmu yang diperoleh di bangku kuliah dengan kondisi di lapangan serta dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan di Kabupaten Ciamis.

Dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama masyarakat miskin, diupayakan dengan penurunan pengeluaran dan peningkatan pendapatan. 5 (lima) Strategi Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Ciamis yaitu :

1.      Membangun komitmen bersama (pemerintah, dunia usaha, masyarakat dan akademisi);

2.      Membangun data base dan sistem informasi kemiskinan daerah;

3.      Meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif;

4.      Mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin;

5.      Pemberdayaan masyarakat miskin.

Posdaya merupakan forum silaturahmi, advokasi, komunikasi, edukasi dan wadah penguatan fungsi-fungsi keluarga secara terpadu, wadah pelayanan keluarga sehingga diharapkan dapat memberdayakan keluarga yang kondisi sosial ekonominya lemah yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan, pendidikan  dan berwirausaha sehingga menjadi keluarga mandiri, demikian disampaikan oleh DR. Maman Herman, M.Pd. dalam paparannya.

project 1

Pembangunan di Kabupaten Ciamis ?! Silakan kunjungi