Berita

Persiapan Musrenbang RKPD Kabupaten Ciamis Tahun 2019 di Kecamatan

Dalam rangka persiapan kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Ciamis Tahun 2019 di Kecamatan (Musrenbang Kecamatan) yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 1 sampai dengan 12 Februari 2018, Bappeda Kabupaten Ciamis pada hari Selasa tanggal 16 Januari 2018 menggelar rapat pembahasan kebijakan teknis program dan kegiatan prioritas kewilayahan dengan melibatkan beberapa SKPD seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Dinas PKP dan LH, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Peternakan dan Perikanan, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah serta para Kabid dan Kasubid lingkup Bappeda Kabupaten Ciamis. Acara dipimpin langsung oleh Kepala Bappeda Kabupaten Ciamis, Drs. Ika Darmaiswara.

Kepala Bappeda menyampaikan bahwa program kegiatan yang diusulkan oleh SKPD harus merupakan program kegiatan yang memiliki daya ungkit terhadap pencapaian RPJMD yang didalamnya juga memuat Janji Bupati serta program kegiatan yang dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan pembangunan di Kabupaten Ciamis. Demikian juga usulan dari Desa yang disampaikan melalui Musrenbang Kecamatan benar-benar merupakan kegiatan prioritas Kabupaten.

Besar harapan Kepala Bappeda agar rangkaian kegiatan Musrenbang Kecamatan ini berjalan sesuai rencana sehingga tidak ada lagi anggapan bahwa pelaksanaan Musrenbang hanya merupakan ajang penampungan usulan saja, tetapi benar-benar menghasilkan rencana kegiatan yang dapat membawa Kabupaten Ciamis ke arah yang lebih baik tentunya dengan mendukung pencapaian program kegiatan yang tertuang dalam RPJMD. Mengingat tahun 2019 merupakan tahun terakhir RPJMD, maka  program kegiatan yang diusulkan lebih diutamakan pada indikator-indikator yang belum tercapai.

Pada kesempatan yang sama, Kabid Data Perencanaan dan Litbang menyampaikan bahwa saat ini telah disusun draft Rancangan Awal RKPD Kabupaten Ciamis Tahun 2019 yang diharapkan adanya saran dan perbaikan dari SKPD serta dipilah kembali program kegiatan yang telah mencapai target RPJMD tidak perlu diusulkan kembali.

project 1

Pembangunan di Kabupaten Ciamis ?! Silakan kunjungi