Berita

Pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Ciamis di Kecamatan Tahun 2018

Perencanaan merupakan keseluruhan proses pemikiran dan penentuan secara matang terhadap hal-hal yang akan dikerjakan di masa datang dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan. Perencanaan disusun berdasarkan tahapan-tahapan yang telah ditentukan.

              Penyusunan perencanaan pembangunan dilakukan secara partisipatif agar dapat menampung aspirasi masyarakat dan dilaksanakan secara simultan, harmonis dan terpadu oleh Pemerintah Daerah dan masyarakat. Salah satu tahapan penyusunan perencanaan pembangunan adalah melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

              Pasal 1 ayat (21) Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional menyatakan bahwa Musrenbang adalah forum antar pelaku dalam rangka menyusun rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah. Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Daerah khususnya di Kabupaten ditempuh mulai dari Musrenbang Desa, Kecamatan sampai Kabupaten.

              Selanjutnya Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah, menyatakan bahwa Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan dimaksudkan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan, yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah kecamatan.

              Rangkaian Musrenbang RKPD Kabupaten Ciamis Tahun 2018 di Kecamatan telah dilaksanakan mulai tanggal 31 Januari 2018 dan akan selesai pada tanggal 12 Februari 2018. Adapun Tujuan pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan yaitu untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan, membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan.

              Pada pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Ciamis di Kecamatan tahun 2018 ini tim dari Bappeda kabupaten Ciamis hadir pada pelaksanaan Musrenbang hari pertama dan kedua, berbeda dengan pelaksanaan Musrenbang pada tahun-tahun sebelumnya, dimana tim monotoring Kabupaten hanya hadir pada Musrenbang hari kedua saja. Kehadiran tim Monitoring dari Bappeda pada pelaksanaan Musrenbang hari pertama disambut baik oleh pihak kecamatan juga peserta Musrenbang Kecamatan. Hasil Musrenbang Kecamatan disampaikan ke Bappeda Kabupaten Ciamis paling lambat 2 (dua) hari setelah pelaksanaan Musrenbang hari kedua  untuk dilakukan input pada sistem RKPD online yang selanjutnya akan dilakukan desk dengan OPD terkait sebelum pelaksanaan Forum OPD dan Musrenbang Kabupaten.

project 1

Pembangunan di Kabupaten Ciamis ?! Silakan kunjungi