Berita

PRA MUSRENBANG RKPD

Kamis, 23 Februari 2017 Bappeda Kabupaten Ciamis menggelar acara Pra Musrenbang RKPD Kabupaten Ciamis Tahun 2017 untuk perencanaan tahun 2018 bertempat di Aula Adipati Angganaya Bappeda Kabupaten Ciamis yang dihadiri oleh para kepala SKPD, camat dan delegasi kecamatan se-Kabupaten Ciamis, Ketua BKAD, instansi vertikal dan unsur organisasi lainnya.

Acara Pra Musrenbang RKPD dibuka oleh Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, Drs. H. Herdiat S, MM yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Pra Musrenbang ini bertujuan untuk menyelaraskan program prioritas dan sasaran pembangunan dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah provinsi, mengklarifikasi usulan program kegiatan yang telah disampaikan masyarakat pada Musrenbang RKPD di kecamatan, mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas dan menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program dan kegiatan prioritas daerah. Melalui kegiatan pra musrenbang ini, rancangan RKPD yang telah disusun mendapat masukan dari berbagai pihak untuk penyempurnaannya sehingga RKPD yang nanti telah tersusun akan dijadikan pedoman dalam penyusunan KUA dan PPAS, serta rancangan APBD tahun 2018, demikian harapan Bapak Sekretaris Daerah.

 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Kabupaten Ciamis, Drs. Ika Darmaiswara dalam paparannya menyampaikan sembilan isu strategis Kabupaten Ciamis Tahun 2018 antara lain :

1.    Optimalisasi kinerja Pemerintah Daerah;

2.    Ketersediaan dan kualitas infrastruktur yang berwawasan lingkungan;

3.    Aksesibilitas dan mutu pelayanan pendidikan dan kesehatan masyarakat;

4.    Peningkatan daya saing produk unggulan daerah dan pelaku usaha;

5.    Optimalisasi layanan kemiskinan;

6.    Optimalisasi dan kemandirian penyelenggaraan pemerintahan desa;

7.    Peningkatan pemberdayaan masyarakat dan kearifan lokal;

8.    Peningkatan mitigasi bencana alam;

9.    Peningkatan pengelolaan pariwisata, seni, budaya, kepemudaan dan olah raga.

Adapun tema pembangunan Kabupaten Ciamis Tahun 2018 adalah “Optimalisasi Infrastruktur dan Pelayanan Dasar Dalam Rangka Mendorong Peningkatan Pendapatan Masyarakat”.

Pada akhir acara, Kabid Data Perencanaan dan Litbang Bappeda Kabupaten Ciamis Drs. M. Iskandar, M.Si yang juga berperan sebagai moderator menyampaikan hasil evaluasi kegiatan Musrenbang, antara lain bahwa usulan Musrenbang kecamatan masih banyak yang tidak beririsan dengan usulan rancangan Renja SKPD, kegiatan yang diusulkan belum terinci jenis kegiatannya dan tidak proporsional besaran anggarannya, sehingga perlu dilakukan sinkronisasi antara SKPD dan kecamatan yang mengusulkan kegiatan.

project 1

Pembangunan di Kabupaten Ciamis ?! Silakan kunjungi