Berita

Penerimaan Kunjungan Tim Monev Bappeda Provinsi Jawa Barat Ke Kabupaten Ciamis Dalam Rangka Pemantauan Dan Evaluasi Pelaksanaan Janji Gubernur Jawa Barat Tahun 2013 S.D. 2016

Pada hari Selasa (18/04) bertempat Aula Lantai II Bappeda, Kabupaten Ciamis menerima kunjungan Tim Monev Bappeda Provinsi Jawa Barat yang dipimpin oleh Kasi Pengendalian dan Evaluasi Balai Pelayanan Evaluasi dan Pelaporan Perencanaan Pembangunan Daerah, Muhammad Samsudin, ST., M.Si., dalam rangka pemantauan dan evaluasi pelaksanaan 8 (delapan) Janji Gubernur Jawa Barat Tahun 2013 s.d. 2016. Hadir dalam acara tersebut diantaranya unsur Badan Pengelola Keuangan Daerah, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Dinas PKPLH, dan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ciamis.

Dalam acara pembukaan penerimaan kunjungan, Kabid Data Perencanaan dan Litbang Bappeda Kabupaten Ciamis, Drs. Mohamad Iskandar, MSi, menyambut baik kedatanganan Tim, dan melalui kunjungan ini diharapkan komunikasi dan koordinasi antara Bappeda Kabupaten Ciamis dengan Bappeda Provinsi Jawa Barat akan semakin baik. Selain itu diinformasikan bahwa Kabupaten Ciamis secara rutin tiap tahun menerima kegiatan dari APBD Provinsi baik melalui kegiatan Belanja Langsung OPD Provinsi maupun bantuan keuangan dengan jumlah anggaran tahun 2015 sebesar Rp251.681.965.400,00; tahun 2016 sebesar Rp216.343.366.675,00; serta tahun 2017 pada APBD Murni dianggarkan sebesar Rp162.874.123.000,00 yang dilaksanakan oleh 15 SKPD. Dari alokasi anggaran untuk program dan kegiatan tersebut diantaranya diarahkan untuk pencapaian 8 Janji Gubernur Jawa Barat, sebagaimana dimuat dalam dokumen RPJMD Provinsi Jawa Barat, yaitu : (1) Pendidikan Gratis SD, SLTP dan SLTA di Seluruh Jawa Barat; (2) Beasiswa Pendidikan untuk Pemuda, Tenaga Medis, serta keluarga atlet berprestasi dan Guru; (3) Revitaliasi Posyandu dan Dana Operasional Kader Posyandu; (4) Membuka 2 Juta Lapangan Kerja Baru dan Mencetak 100.000 Wirausahaan Baru Jawa Barat; (5) Alokasi 4 Trilyun untuk infrastruktur Desa dan Perdesaan; (6) Rehabilitasi 100.000 Rumah Rakyat Miskin; (7) Pembangunan Pusat Seni dan Budaya Jawa Barat di Kabupaten/Kota; serta (8) Pembangunan Gelanggang Olah Raga di Kabupaten/Kota.

Tujuan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Janji Gubernur Jawa Barat, sebagaimana dipaparkan Ketua Tim, Muhammad Samsudin, ST., M.Si., yaitu untuk memantau kesesuaian rencana pelaksanaan pembangunan bidang fisik, ekonomi, pemerintahan dan sosial budaya dengan perencanaan Provinsi Jawa Barat; memastikan pencapaian 8 Janji Gubernur Jawa Barat baik melalui program dan kegiatan yang  bersumber dana dari APBD Provinsi Jawa Barat ataupun dana lainnya; mengidentifikasi permasalahan dan hambatan yang muncul dalam pelaksanaan kegiatan; serta pengendalian dan evaluasi sebagai bahan untuk penyusunan LKPJ AMJ Gubernur Jawa Barat yang rencananya akan disusun pada tahun 2018.

Pada kesempatan tersebut 6 SKPD pelaksana Bantuan Keuangan Provinsi Jawa Barat yang hadir pada acara ini, menyampaikan perkembangan pelaksanaan program dan kegiatan yang bersesuaian dengan 8 Janji Gubernur Jawa Barat khususnya pelaksanaan tahun 2016, serta permasalahan yang dihadapi.

Selanjutnya dilaksanakan kunjungan lapangan ke beberapa lokasi kegiatan diantaranya Pembangunan Ruang Kelas Baru di SMAN 1 Ciamis, SMAN 2 Ciamis, dan SMPN 1 Ciamis (Dinas Pendidikan), Pembangunan Gedung Dinas Pendidikan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Gedung Kesenian, Lapang Atletik (Dinas PUPR), serta Pos Yandu (DPMPD).

project 1

Pembangunan di Kabupaten Ciamis ?! Silakan kunjungi