Kiwari | Industri

Pohon Aren

Sahabat Warga Kuta

Produksi gula aren menjadi salah satu produk unggulan Kampung Kuta di Kecamatan Tambaksari yang sudah dilakukan secara turun temurun. Sebagian besar warga mengandalkan pendapatannya dengan menjadi perajin gula aren. Kualitas cita rasa yang terus dijaga, membuat penganan khas masyarakat Kuta tersebut tetap menjadi incaran masyarakat maupun pengunjung yang datang ke Kuta. Pedagang di Pasar Rancah atau Pasar Banjar juga acapkali menanti cukup lama datangnya pasokan gula dari perajin Kuta. Bagi orang Kampung Kuta, aren menjadi sahabat yang selama ini menjadi benteng kokoh penjaga kelangsungan hidupnya. Saking pentingnya, pohon aren di sekitar mereka diperlakukan secara istimewa.


Tahu Bulat Muktisari

Menu Diet Rendah Kalori

Tahu bulat Ciamis menambah variasi kuliner yang bisa dijumpai di Desa Muktisari, Kecamatan Cipaku. Tingginya kandungan gizi serta bentuknya yang unik, membuat permintaan terhadap tahu bulat tak pernah sepi. Lebih dari sepuluh ton kedelai rata-rata bisa dihabiskan oleh puluhan perusahaan tahu bulat di tempat itu setiap hari. Sejak mulai berkembang pada tahun 2005, tahu bulat menjadi aset kuliner khas Ciamis yang eksis menyenggol lidah. Disajikan saat dadakan, tahu bulat makin menggoyang mulut saat ditaburi beragam bumbu.


Sentra Industri Makanan Ringan

Cikoneng

Cikoneng adalah kecamatan yang berada di bagian barat Kabupaten Ciamis dan berbatasan dengan Kabupaten Tasik - malaya. Satu yang menarik dari kecamatan ini adalah banyak munculnya wirausaha rumahan yang bergerak dalam produksi makanan ringan. Bentuk makanan ringan yang banyak diproduksi di daerah ini yaitu aneka jenis kerupuk, jitnong (wajit borondong), borondong jagung, tengre (tengteng pare/padi), kerupuk sengsara, marning, makaroni pedas, dan lain-lain. Jenis kerupuk yang diproduksi memiliki banyak variasi di antaranya kerupuk berbentuk akar kelapa, kerupuk belit, kerupuk ranting yang pedas, kerupuk buleud, semuanya dibuat dengan teknologi sederhana dan manual. Sementara jitnong (wajit borondong), terbuat dari beras ketan dan gula merah rasanya manis. Jitnong merupakan wajit yang di luarnya diberi borondong beras. Borondong terbuat dari padi yang dipanaskan dalam oven layaknya pop corn jagung.


Sale Pisang Sukasenang

Tambah Beken Setelah Dipesan SBY

Selain beken dengan makanan galendo, nama besar Ciamis sebagai daerah penghasil makanan olahan di Jawa Barat kian moncer dengan hadirnya sale dan keripik pisang dari Sukasenang. Beragam jenis camilan berbahan baku pisang diolah menjadi berbagai varian rasa dan bentuk yang mantap untuk menemani suasana santai atau sekadar teman minum kopi. Beberapa penghargaan yang diterima H. Tarwa Hadi mulai dari Paramakarya (2007), finalis Wira UKM terbaik, hingga Upakarti (2011), menjadi bukti sahih bahwa hasil produksinya benar-benar berkualitas. Faktanya, segmen pasar cemilan yang diproduksi di Kampung Karang - layung, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, ini semakin meluas mulai dari Medan, Pematang Siantar, Surabaya, Bali, bahkan hingga ke luar negeri seperti Kanada dan Jeddah, Arab Saudi.


Gula Kelapa Ciamis

yang Tak Mudah Leder

Selain dijuluki sebagai lumbung padi, Kabupaten Ciamis, terutama wilayah selatan, dikenal sebagai sentra produksi gula merah kelapa. Selain di Sindangangin, Kecamatan Lakbok, produksi gula merah juga banyak dilakukan di Desa Sukamulya di Kecamatan Purwadadi dan Desa Sindangasih di Kecamatan Banjarsari. Ribuan warga meng gantungkan hidupnya dari usaha itu dan berbagi peran dari mulai penderes, perajin, sampai pengepul. Di Desa Sindangangin, Kecamatan Lakbok misalnya, sedikitnya 700 orang warga memilih profesi itu sebagai ladang penghidupan. Teknik pembuatan gula masih dilakukan secara tradisional. Aktivitas meracik gula kelapa biasanya dimulai usai adzan Subuh. Para penderas atau pengambil air nira pada pohon kepala mengumpulkan air nira hingga pukul 8.00. Air nira dikumpulkan untuk kemudian diolah menjadi gula kelapa. Dalam sehari, dilakukan dua kali penyadapan nira kelapa.