Kiwari | Kuliner

Ayam Serundeng

Bumbu Sederhana yang Membuat Ketagihan

Ayam serundeng menjadi salah satu kuliner khas Ciamis. Penjual ayam ini bisa dijumpai di sekitaran Swadaya, bekas bioskop yang lokasinya tidak jauh dari alun-alun Kota Ciamis. Kawasan Jalan WR Supratman atau yang dikenal dengan kawasan Swadaya menjadi sentra penjualan ayam goreng yang khas tersebut. Dipinggir jalan ini berjajar gerobak ayam kuning serundeng dengan nomor berurutan pada setiap gerobaknya.


Bakso H. Oding

"Ngagolosor" di Lidah

Lebih dari setengah abad berdiri, kehadiran Bakso H. Oding di Jalan Ir.H. Djuanda Kabupaten Ciamis tetap melekat di hati penikmatnya. Hampir saban hari, terutama di hari libur, antrean masyarakat terjadi di sana. Para pencinta kuliner meluangkan waktu untuk menikmati bakso khas Ciamis yang identik dengan mi golosor-nya ini. Ya, mi bakso yang menghidangkan mi berwarna kuning dengan ukuran lebih besar dari yang biasanya itu sudah dirintis H. Oding sejak tahun 1955. Kini, jenis bakso ini sudah memiliki sejumlah cabang, termasuk di Kota Tasikmalaya dan Bandung. Bagi warga Ciamis, menu mi golosor ala H. Oding sudah tak asing lagi.


Soto Iyun

Langganan Para Gegeden

Cita rasa yang tersaji saat menyantap soto bening khas Ciamis diyakini membuat siapa pun ketagihan. Komposisi bumbu yang diracik melalui proses tradisional, membuat soto khas Ciamis bernama “Soto Iyun” ini menebar aroma khas dan sulit ditemui di kedai soto mana pun. Kedai soto yang terletak di Jalan W.R. Supratman Kabupaten Camis ini tak jauh dari Alun-alun Ciamis. Rumah makan ini telah menjadi langganan banyak warga Ciamis, termasuk sejumlah gegeden alias pejabat di Ciamis. Sepintas, soto ini memang tak ada yang berbeda, termasuk jika dibandingkan dengan soto Bandung atau soto khas masyarakat Jawa Barat lainnya. Namun, perbedaan akan terasa saat mencium aroma dan mencicipinya. Nyam… rasanya akan jauh lebih nikmat. Apalagi ditemani sepiring nasi hangat.


Pamor Kopi Lokal Ciamis

Semakin Tumbuh

Kecintaan masyarakat Ciamis terhadap produk lokal semakin tumbuh. Tak terkecuali pada produk kopi robusta (Coffea canephora), jenis kopi yang ditanam di dataran rendah. Sejumlah kedai kopi seperti Barade, Flamboyan, Kopi Areng, Jendela, Cikopi dan lainnya merupakan tempat yang menjadi ruang bagi para penikmat dan pecinta kopi nongkrong. Beragam jenis kopi tersedia, termasuk kopi yang diproduksi serta diracik urang Ciamis. Kopi Ki Oyo dan Tanjung, menjadi dua brand kopi lokal Ciamis yang tersedia dan mudah dipesan di kedaikedai kopi yang ada di Ciamis. Penikmat dan pecinta kopi di tatar Galuh sudah tak asing dengan cita rasa dan popularitas kopi lokal tersebut.