Kiwari | Prestasi

Adipura

-

Penghargaan Adipura cukup sulit untuk diraih banyak daerah, tapi tidak untuk Kabupaten Ciamis. Penghargaan paling bergengsi di bidang kebersihan, ketertiban, keindahan lingkungan ini sudah enam kali diraih Kabupaten Ciamis. Peng hargaan ini terang saja merupakan buah dari komitmen dan kerja keras seluruh pemangku kebijakan dan elemen masyarakat untuk terus berbenah dan terus meningkatkan kiner janya dalam mengelola lingkungan. Apa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Ciamis patut menjadi contoh bagi daerah lain. Ciamis kerap berbenah menambah dan menata Ruang Terbuka Hijau (RTH) sesuai dengan kebutuhan wilayah, mengembangkan kinerja pengelolaan persampahan, meningkatkan kualitas lingkungan permukiman yang sehat, mening katkan pengendalian dan peng awasan terhadap potensi pen cemaran dan kerusakan ling kungan hidup, mening - katkan pengendalian, pengawasan, serta antisipasi masya rakat dalam upaya rehabilitasi hutan dan lahan.


Anugerah Inovasi Administrasi Negara

Inagara Award

Pemerintah Kabupaten Ciamis adalah salah satu dari 6 daerah di Indonesia yang berhasil mendapatkan Penghargaan Inovasi Administrasi Negara (Inagara Award). Prestasi membanggakan ini diberikan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) kepada pemimpin daerah yang berkomitmen terhadap proyek perubahan pendidikan dan latihan administrasi negara. Penghargaan diberikan pada acara Temu Inovasi Administrasi Negara (Temu Inagara) pertama di Gedung LAN, Jakarta, 28 Oktober 2015.


Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)

terhadap LKPD 2015

Masalah pengelolaan ke - uang an sering menjadi isu strategis dalam dinamika penyelenggaraan peme rintahan daerah yang baik. Untuk menyusun sistem pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel meng andung banyak tantangan, salah satunya payung hukum yang cepat berganti. Kondisi itu menuntut pemerintah daerah untuk lebih responsif menyikapinya. Merujuk kepada pentingnya urusan pelaporan pengelolaan keuangan daerah tersebut, Pemerintah Kabupaten Ciamis selama ini terus memberikan perhatian serius. Setiap tahun Pemerintah Kabupaten Ciamis selalu berupaya menyajikan secara wajar semua akun di dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Laporan yang disusun mengacu kepada 4 kriteria yakni sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), kecukupan pengungkapan, kepatuhan ter - hadap peraturan per undang - undangan yang berlaku dan efektivitas Sistem Pengendalian Internal (SPI).